Langsung ke konten utama

Pentingnya Ilmu Kesehatan Masyarakat Di Kehidupan

Banyak yang masih meremehkan ilmu kesehatan masyarakat dan banyak juga yang tidak tahu apa itu ilmu kesehatan masyarakat. Ketika orang – orang bertanya “kuliah jurusan apa?” lalu kita pasti akan menjawab “jurusan kesehatan masyarakat” dan mereka bertanya kembali “apa itu? Dokter ya? Atau perawat” dan kita pun sulit untuk menjelaskannya. Mungkin hampir semua mahasiswa kesehatan masyarakat pernah mengalaminya, saya pribadi pun pernah mengalami hal tersebut. Ini dikarenakan kurangnya informasi dan publikasi terkait ilmu kesehatan masyarakat sehingga masih banyak yang tidak tahu. Padahal ilmu kesehatan masyarakat itu berperan penting di kehidupan kita sehari – hari, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.
Kesehatan masyarakat mempunyai kontribusi yang sangat penting dan sangat berperan dalam kehidupan manusia. Kontribusi ini diarrtikan sebagai sumbangan, tetapi sumbangan bukan berupa uang atau barang. Namun, sumbangan dalam bentuk tindakan kita dalam bentuk nyata kepada masyarakat tanpa meminta imbalan. Berikut saya akan menjelaskan kontribusi apa saja yang dapat di lakukan oleh tenaga kesehatan masyarakat.
1.    Kesehatan masyarakat itu tidak selalu berhubungan dengan penyakit-penyakit. Seperti yang dikatakan oleh Professor Winslow(Leavel and Clark, 1958) silmu kesehatan adalah ilmu dan seni mencegahpenyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrolinfeksidi masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untukdiagnosadini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya. Sesungguhnya Fakultas Kesehatan Masyarakat memiliki beberapa peminatan seperti K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), Gizi Masyarakat, Administrasi Kesehatan Masyarakat, dan masih banyak lagi. Dengan menjadi mahasiswa kesehatan masyarakat, kita dapat belajar bagaimana sikap yang harus dilakukan bila menghadapi suatu masalah yang berhubungan dengan bidang yang kita ambil. Contohnya, bila kita mengambil peminatan gizi masyarakat, kita dapat ikut mencarikan solusi terkait adanya kasus gizi buruk di beberapa wilayah di Indonesia.
2.   Kita dapat ikut berkontribusi untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Dengan terciptanya masyarakat yang sehat, kita dapat membangun Indonesia menjadi negara maju. Kita bersatu padu dalam menciptakan kepribadian masyarakat yang cinta hidup sehat. Selain itu, dengan badan yang sehat kita pun dapat berpikir dengan jernih sehingga kita bisa menemukan semua solusi dari segala permasalahan yang ada di negara kita, Indonesia. Dengan negara yang maju dan terciptanya masyarakat yang sehat juga dapat menjadikan perasaan kita lebih tenang.
3.  Kita jadi mengetahui bahwa masih ada orang-orang yang kurang beruntung yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Tugas kita sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat adalah membantu dan menyediakan pelayanan kesehatan bagi orang-orang tersebut. Kita dapat menggelar posko gratis pemeriksaan kesehatan di daerah yang belum tersentuh oleh tangan Pemerintah dalam program pemerataan kesehatan di Indonesia. Selain itu, kita juga dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya hidup sehat. Kita dapat berkunjung ke pelosok-pelosok dan membantu sesama.


      Demikianlah pentingnya keberadaan mahasiswa kesehatan masyarakat di Indonesia. Selain diperlukan dalam dunia kerja, lulusan kesehatan masyarakat juga dapat membantu masyarakat yang belum tercukupi kebutuhan kesehatannya. Marilah kita bersama-sama menjadi mahasiswa kesehatan masyarakat yang berhati mulia. Kita harus ikut berpartisipasi dalam menciptakan masyarakat yang sehat di seluruh Indonesia. Walaupun banyak yang meremehkan mahasiswa kesehatan masyarakat.

                           

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia

SISTEM INFORMASI KESEHATAN INDONESIA 1.       Pengertian Sistem Informasi Kesehatan (SIK) Sistem Informasi Kesehatan (SIK)  adalah gabungan perangkat dan prosedur yang digunakan untuk mengelola siklus informasi (mulai dari pengumpulan data sampai pemberian umpan balik informasi) untuk mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan kinerja sistem kesehatan. Sistem informasi kesehatan  adalah integrasi antara perangkat, prosedur  dan kebijakan yang digunakan untuk mengelola siklus informasi secara sistematis untuk mendukung pelaksanaan manajemen kesehatan yang terpadu dan menyeluruh dalam kerangka pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dalam literature lain menyebutkan bahwa SIK adalah suatu sistem pengelolaan data dan informasi kesehatan di semua tingkat pemerintahan secara sistematis dan terintegrasi untuk mendukung manajemen kesehatan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Menurut WHO, Sistem Informasi Kesehata

Perkembangan Telemedicine di Indonesia

1.     Pengertian Telemedecine Telemedicine   adalah layanan kesehatan yang dilakukan dari jarak jauh   (Telemedicine is health care carried out at a distance). Telemidicine adalah transfer data medik elektronik dari satu lokasi ke lokasi lainnya   (telemedicine is the transfer of electrical medical data from one location to another). Telemedicine adalah praktik kesehatan dengan memakai komunikasi   audio ,   visual   dan data, termasuk perawatan,   diagnosis , konsultasi dan pengobatan serta pertukaran data medis dan diskusi ilmiah jarak jauh. Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, dapat kita pahami bahwa cakupan telemedicine cukup luas, meliputi penyediaan pelayanan kesehatan (termasuk klinis, pendidikan dan pelayanan   administrasi ) jarak jauh, melalui transfer informasi (audio, video, grafik), dengan menggunakan perangkat-perangkat telekomunikasi (audio-video interaktif dua arah, komputer, dan   telemetri ) dengan melibatkan dokter, pasien dan pihak-pihak lain. S